Bawaslu Lutim Jadwalkan Pelatihan Saksi Peserta Pemilu 2024

0

TAPOJIE.COM — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lutim sudah menjadwalkan pelatihan saksi peserta Pemilu 2024. Pesertanya terbatas. Maksimal 50 orang.

Ketua Bawaslu Lutim, Pawennari mengatakan, jumlah peserta pelatihan saksi disesuaikan dengan anggaran yang ada. Anggarannya hanya mencukupi maksimal 50 orang saja.

“Bahkan untuk agenda pelatihan saksi ini, Parpol yang menyediakan tempat. Kami yang menanggung konsumsi dan narasumber,” kata Pawennari usai menggelar pertemuan dengan perwakilan peserta pemilu di Kantor Bawaslu Lutim, Jumat (26/01/24).

Kegiatan pelatihan saksi ini akan dimulai pada tanggal 31 Januari 2024 sampai 7 Februari 2024. “Berdasarkan amanat undang-undang, bahwa Bawaslu yang melatih saksi partai politik. Termasuk saksi pasangan calon presiden-wakil presiden dan DPD,” ungkapnya.

Pelatihan saksi ini sambungnya, tentu akan berdampak dengan peningkatan kapasitas saksi. Bagaimana saksi TPS dapat mengawal pemilu dengan jujur, adil, dan damai.

LO DPD RI Andi Hatta Marakarma, Baso¬† mengatakan, pelatihan saksi peserta pemilu tentu sangat bagus. Minimal meringankan peserta pemilu. “Kita berharap, yang dilatih ini saksi yang sudah bertugas di TPS,” imbuh.

Sementara itu, Saksi Capres-Cawapres Prabowo-Gibran, Herawan mengatakan, pelatihan saksi ini tentu sangat baik. Sayangnya, jumlah pesertanya masih terbatas karena anggaran.

“Harapan kita sebenarnya, pesertanya bisa 128 orang. Kenapa begitu, jumlah Ini bisa diwakili setiap perwakilan desa. Tetapi karena keterbatasan anggaran, turun jadi 50 orang,” kata Wawan sapaannya.

LO PDI-P Kabupaten Lutim, Arfan mengaku menyambut baik rencana pelatihan saksi oleh Bawaslu. “Untuk lokasi nanti, kita bicarakan dulu,” kata lelaki yang akrab disapa Appang ini. (*)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *