Tim Verifikasi Desa STBM Lakukan Penilaian Tingkat Kabupaten Lutim

0
TAPOJIE.COM — Tim Verifikasi Desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) melakukan penilaian tingkat Kabupaten Luwu Timur tahun 2024 yang dilaksanakan di Desa Benteng dan Desa Lewonu Kecamatan Burau, Jumat (05/07/2024).
Kegiatan yang dilaksanakan di 24 desa se Kabupaten Luwu Timur ini dibuka oleh Ketua Tim II diwakili oleh, Masnani. Ia mengatakan bahwa, penilaian dilakukan berdasarkan 5 pilar utama.
“Kegiatan verifikasi yang dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat desa hingga Tingkat Nasional ini terdapat 5 Pilar utama dalam penilaian yakni Stop buang air besar sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, Pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, Pengelolaan sampah rumah tangga dan Pengelolaan limbah cair rumah tangga yang fokusnya di wilayah desa,” rinci Masnani.
Lebih lanjut, Masnani berharap kedepannya desa yang masuk dalam verifikasi desa STBM tingkat Kabupaten Luwu Timur di tahun 2024 ini dapat lolos dan lanjut untuk diverifikasi tingkat Provinsi.
“Saya berharap, 24 desa yang terverifikasi di tahun 2024 ini dapat memenuhi syarat dan menjadi desa STBM sehingga kedepannya dapat diusulkan di tingkat provinsi,” harap Masnani.
Adapun rangkaian kegiatan verifikasi yang meliputi; Persiapan. Pengumpulan Data dan Informasi. Rekapitulasi Data. Review Hasil Verifikasi. dan Pleno Hasil Verifikasi.
Turut Hadir dalam Tim pelaksanaan kegiatan, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, TP PKK Kabupaten Lutim, Sekretaris Camat Burau, Kepala Desa Benteng dan jajarannya, serta TP PKK desa Benteng. (res/ikp-humas/kominfo-sp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *