Siswa SMPN 1 Kalaena Ini Juara 1 Pencak Silat Ajang O2SN Tingkat Sulsel

0
TAPOJIE.COM — Satu lagi putra daerah kembali menorehkan prestasi dan mengharumkan nama Kabupaten Luwu Timur di kancah Provinsi Sulawesi Selatan.
Ia adalah Algha Saputra, siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalaena, Kecamatan Kalaena Kabupaten Luwu Timur, berhasil menyabet Juara 1 Pencak Silat pada ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.
Putra pasangan bapak Muji Purnomo dan ibu Sulastri tersebut, saat dikonfirmasi mengaku bangga dan tidak menyangka bisa menjadi yang terbaik, karena ini merupakan pertama kalinya mengikuti kejuaraan pencak silat tingkat provinsi.
“Ini merupakan pengalaman yang luar biasa,” tambahnya, Minggu (20/08/2023).
Remaja Kalaena yang akrab disapa Alga juga mengungkapkan jika dirinya diarahkan oleh pelatih dan guru olahraga untuk mengikuti kejuaraan pencak silat. Dimana sejak kelas 7 SMP telah mengikuti ekstra pencak silat dan masuk tim khusus pemusatan latihan.
Menurut siswa kelahiran tahun 2009 ini, kemenangan pada olimpiade antar pelajar tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan awal untuk menjadi lebih baik. Selanjutnya, ia akan berlatih lebih keras dan giat lagi di bawah arahan pelatih maupun orang tua.
“Saya berterima kasih kepada kedua orang tua dan semua pihak yang telah memberikan doa serta dukungannya, sehingga bisa berprestasi di pencak silat,’’ terang Alga.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kalaena, Nurdahirah, S.Pd, MM, mengaku tidak dapat menyembunyikan bahagianya, sekaligus menyampaikan rasa syukur karena anak didiknya berhasil membanggakan dan mengharumkan nama sekolah melalui bakat serta potensi yang dimiliki.
Ia mengungkapkan bahwa, anak didiknya tersebut sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk mengikuti kejuaraan itu dan hasilnya memuaskan dan sesuai target.
“Untuk kegiatan ekstrakurikuler pencak silat SMPN 1 Kalaena sudah ada sekitar 2 tahun yang lalu dan saya lihat siswa-siswa di sini sangat berpotensi di olahraga silat. Semoga hal-hal seperti ini mampu menjadi pemicu semangat bagi anak-anak yang lain untuk berprestasi,” imbuhnya.
Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Luwu Timur, H. Basruddin saat dikonfirmasi mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih ananda Algha Saputra.
Dirinya berharap agar prestasi yang diraih Algha tidak berhenti sampai di situ. Bisa berlanjut di level yang lebih tinggi, bahkan hingga internasional. Pihak sekolah juga selalu mendorong siswanya untuk maju dan kini tengah merintis atlet-atlet baru.
“Terima kasih kepada segenap Panitia dan pelatih atas kerja kerasnya sehingga bisa mencapai prestasi ini,” jelas Basruddin. (ikp-humas/kominfo-sp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *